Waspadai 5 Tanda Kelebihan Gula Berisiko Terkena Diabetes

Lebak Info, halo sahabat hidup sehat memang menjadi dambaan setiap orang, oleh karena dari itu kita wajib menjaga kesehatan tubuh kita sendiri dengan selalu berolahraga dan makan atau minum dengan menu yang sehat.

Tahukah sahabat bahwasanya ada beberapa tanda tubuh kelebihan gula yang seringkali disepelekan. Padahal jika tak segera disadari, gejala tersebut bisa memicu penyakit serius seperti diabetes melitus.

Apalagi sahabat mempunyai riwayat turunan atau berisiko terkena diabetes, mungkin 5 ciri gula darah tinggi dibawah ini bisa menjadikan sahabat lebih waspada. Kelima ciri tersebut diantaranya adalah ;

Suasana hati naik-turun (mood swing)

Kalau anda sering marah atau bad mood tiba-tiba, anda harus waspada karena ini bisa jadi pertanda kadar gula darah tinggi di dalam tubuh. Kondisi tersebut sering disebut dengan sugar crash, kondisi di mana gula darah naik, lalu turun dengan cepat yang memicu perubahan suasana hati mendadak.

Badan menyusut, nafsu makan bertambah

Berat badan tidak ideal adalah salah satu tanda tubuh kelebihan gula. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, perlahan bisa mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Bahkan parahnya, bisa menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Kalau sudah terkena penyakit ini, otomatis berat badan akan turun dratis, walaupun sudah banyak makan.

Dehidrasi dan mulut kering

Perhatikan, apakah anda sering merasa haus walaupun sudah banyak minum air? Ditambah lagi mulut terasa kering? Kalau iya, ini termasuk salah satu gejala tubuh kelebihan kadar gula.BSering haus (dehidrasi) dan mulut terasa kering (xerostomia) disebabkan karena tingginya gula darah dalam tubuh. Gula darah tinggi menyebabkan produksi kelenjar air liur menjadi tidak normal.

Tanda-tanda itu timbul karena ada gangguan pada fungsi ginjal. Cairan yang masuk dalam tubuh pun tidak dapat diserap ginjal dan membuat tubuh kekurangan cairan karena sering buang air.

Mata menjadi rabun

Ciri-ciri tubuh kelebihan gula salah satunya bisa terlihat dari menurunnya kemampuan melihat (rabun). Hal ini dikarenakan jaringan saraf pada indera penglihatan terganggu akibat ketidakmampuan tubuh mengolah gula yang seharusnya menjadi bahan bakar tubuh.

Sulit fokus

Kadar gula berlebihan dalam tubuh mudah memicu kerusakan kerja insulin yang tidak bisa diubah menjadi energi bagi tubuh. Alhasil, energi yang seharusnya bermanfaat untuk seluruh tubuh menghambat aliran darah yang rentan memengaruhi otak. Akibatnya, seseorang akan mudah merasa lelah, mengantuk, dan sulit berkonsentrasi.

Apakah anda sering mengalami kondisi tersebut? Coba periksa kembali kadar gula dalam tubuh anda, ya.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: